AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus pada PT Selecta Kota Batu)
Main Author: | Hendrawati, Debbie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32955/1/jiptummpp-gdl-debbiehend-44680-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32955/2/jiptummpp-gdl-debbiehend-44680-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32955/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dimaksudkan untuk menilai efektifitas dan efisiensi kinerja pemasaran melalui audit operasional pada salah satu tempat wisata di Kota Batu yakni PT Selecta, serta untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dan inefisiensi dalam kegiatan operasi perusahaan. Area pemasaran terdiri dari: lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran lain. Audit operasional merupakan penelaahan atas prosedur dan metode operasi entitas untuk menentukan tingkat efektivitas dan efesiensi. Efektivitas mengukur seberapa berhasil suatu organisasi mencapai tujuan dan sasarannya. Efisiensi mengukur seberapa baik entitas menggunakan sumber dayanya dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah PT Selecta pada bagian fungsi pemasaran, sedangkan obyek penelitian ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan manajemen pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur keberhasilan aktivitas pemasaran dengan: (1) Survey Pendahuluan. (2) Review dan Pengujian Terhadap Sistem Pengendalian. (3) Mengembangkan dan Menelaah Temuan Audit, yakni dengan analisa kualitatif unsur temuan audit yang terdiri dari kondisi, kriteria, sebab, akibat serta melakukan analisa kuantitatif. (4) Pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian melalui analisa kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran PT Selecta sudah efektif dan efisien akan tetapi perlu dilakukan beberapa perbaikan pada lingkungan pemasaran, sistem pemasaran, dan fungsi pemasaran lain.