PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP COST OF CAPITALDENGAN INFORMASI ASIMETRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan BUMN yang Listed di BEI)

Main Author: Aini, Kurratul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32807/1/jiptummpp-gdl-kurratulai-44694-1-coversk-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32807/2/jiptummpp-gdl-kurratulai-44694-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32807/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian adalah menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Cost of Capital dan menguji apakah informasi asimetri mempengaruhi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Cost of Capital. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2013 dan 2014 dan memperoleh sampel 34. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan content analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dalam penelitian Pengungkapan CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap COC. Hal ini disebabkan karena semakin banyak perusahaan mengungkapkan CSR, maka investor akan loyal terhadap perusahaan dan mengakibatkan penurunan COC. Variabel informasi asimetri sebagai variabel moderasi memperkuat hubungan antara pengungkapan CSR terhadap COC. Hal ini disebabkan karena semakin banyak pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan, maka konflik antara manajemen dan investor akan berkurang karena investor yakin jika perusahaan tersebut memberikan informasi yang sebenarnya, dan secara otomatis mengurangi biaya modal yang dikeluarkan oleh perusahaan.