TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI (Studi di Rumah Sakit dr. Sayidiman Kota Magetan)

Main Author: PRAMUDHITA, IRSITA TRISIYANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32777/1/jiptummpp-gdl-irsitatris-43484-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32777/2/jiptummpp-gdl-irsitatris-43484-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32777/
Daftar Isi:
  • Keyword : Pelayanan kefarmasian, Kepuasan pasien, Importence Performance Matrix ABSTRAK Pelayanan kefarmasian adalah pelayananyang diberikan oleh apoteker kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan pasien. Maka, apoteker tidak hanya fokus pada drug oriented tetapi juga patient oriented. Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi pelayanan kefarmasian. Tolak ukur kepuasan terdiri dari 5 dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapn, jaminan, empati. Penelitian ini dilakukan dengan survey cross sectional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan di instalasi farmasi rawat jalan di Rumah Sakit dr. Sayidiman Kota Magetan. Sampel penelitian yaitu sebanyak 100 pasien yang diambil secara acak dari instalasi farmasi rawat jalan BPJS dan non BPJS. Metode analisa yang digunakan adalah Importence Performance Matrix untuk membandingkan persepsi pasien terhadap kepentingan dan kinerja di instalasi farmasi tersebut. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kuadran II memiliki variabel paling banyak dan kuadran IV memiliki variabel paling sedikit. Kesimpulan hasil penelitian yaitu NIP > NIK dengan nilai 3,59 > 3,22, hal ini menyatakan bahwa pasien tidak puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan.