AKTIVITAS KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DINA TENAGA KERJA DALAM PENINGKATAN KEPUASAN MASYARAKAT (Study Pada Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kota Probolinggo)
Main Author: | PRASTIWI, GITA APRILIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32660/1/jiptummpp-gdl-gitaaprili-44637-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32660/2/jiptummpp-gdl-gitaaprili-44637-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32660/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Komunikasi, Pelayanan Publik, Disnaker Probolinggo Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Manusia dapat saling berhubungan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari melalui komunikasi. Komunikasi dalam pelayanan publik sebagai jembatan dalam memulai suatu hubungan serta berjalan dua arah sangatlah dibutuhkan dalam pelayanan publik. Melayani dan dilayani adalah merupakan salah satu bentuk proses interaksi dalam kehidupan bermasyarakat. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) merupakan salah satu unit kerja pemerintah Kota Probolinggo, yang menjadi perangkat utama dalam memberikan pelayanan di Bidang Ketenagakerjaan kepada masyarakat Kota Probolinggo. Disnaker Kota Probolinggo sebagai salah satu instansi publik, diantaranya bertugas membuat kartu kuning dan hubungan indusrial. Oleh karena aparat di Disnaker langsung berhubungan dengan masyarakat, maka para personil di Dinas ini harus dapat menjalin komunikasi dan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai ketenagakerjaan. Mengacu pada uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk lebih jauh meneliti tentang aktivitas komunikasi organisasi pemerintahan, dengan rumusan masalah Bagaimana aktivitas komunikasi pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja Kota Probolinggo Dalam Peningkatan kepuasan Masyarakat ? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif difokuskan hanya memaparkan situasi atau peristiwa mengenai aktivitas komunikasi pelyanan publik dalam konteks pemerintahan yakni pegawai dalam pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja Kota Probolinggo. Penelitian deskriptif bertujuan memberikan gambaran secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu, atau untuk menentukan frekuensi atau penyebaran suatu gejala atau frekuensi adanya hubungan tertentu antara suatu gejala dengan gejala lain dalam masyarakat Hasil penelitian menunjukan Aktifitas pelayanan yang dilakukan oleh Disnaker Kota Probolinggo secara teknis telah melakukan tahapan-tahapan yang sesuai standart pelayanan, yakni dari mulai memahami standart pelayanan pada setiap Karyawannya, kemudian melakukan kordinasi-kordinasi untuk memberikan pelayanan, hingga memberikan waktu luang diluar jam kerja jika terdapat pengaduan dari Masyarakat luas Kendala yang peneliti temui dalam proses penelitian diantaranya, tidak dikembangkannya media sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat, berdasar hasil wawancara media yang digunakan sebagai alat penyampai informasi hanya dari media radio lokal. Peneliti pun melakukan pengamatan tidak terdapat media-media social yang aktif untuk memberikan informasi kepada masyarakat, website resmi milik Dinas Ketenaga kerjaan Kota Probolinggo juga tidak diopersioanlkan secara maksimal, terkesan hanya formalitas atau untuk kepentingan arsip saja. Dinas ketenagakerjaan juga melakukan beberapa proses evaluasi terkait peningkatan kinerja karyawan dan para petugasnya yakni dengan mengagendakan satu tahun sekali, dan menyebarkan quisioner yang diisi langsung oleh masyarakat.