Makna Wanita Cantik Dalam Iklan Kosmetik Wardah Versi “Kisah di Balik Cantik Jatuh Hati (Studi Resepsi pada Hijabers Sister Community Malang)

Main Author: Setya A, Diyah Asti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32565/1/jiptummpp-gdl-diyahastis-43679-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32565/2/jiptummpp-gdl-diyahastis-43679-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32565/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti mengenai makna wanita cantik yang ada pada iklan wardah versi “kisah dibalik cantik jatuh hati” yang dilakukan oleh Hijaber Sister Community. Dimana iklan ini terdapat banyak makna pesan yang ingin disampaikan oleh sejumlah tanda-tanda atau simbol yang ada pada iklan. Peneliti menarik rumusan masalah yaitu bagaimana makna cantik dalam iklan kosmetik Wardah versi kisah dibalik cantik jatuh Hati menurut Hijaber Sister Community. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yang ada, yaitu untuk mengetahui makna wanita cantik dalam iklan kosmetik Wardah versi dibalik cantik jatuh hati menurut Hijaber Sister community. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian dilakukan pada tanggal 30 – 04 November 2015 di jln.Margo Basuki No.52 A Malang, dengan menggunakan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil adalah lima orang yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Dimana ke lima orang tersebut diambil dengan cara purposive sampling, dengan kriteria anggota Hijaber Sister Community yang masih aktif, yang mengetahui iklan kosmetik Wardah, yang memperhatikan iklan kosmetik Wardah, dan yang bersedia terlibat untuk wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemaknaan khalayak terdapat makna cantik berbeda-beda. Pada kategori dominant hegemony reading, khalayak menilai bahwa penampilan endorser yang ditampilkan dalam iklan menunjukkan sisi cantik dari seorang wanita secara fisik baik bentuk tubuh, cara berbicara serta bersikap, dan cara berpakaian. Sedangkan khalayak pada kategori negotiated reading sependapat dengan nilai yang dibangun oleh pembuat iklan bahwa wanita cantik memiliki ciri-ciri seperti yang ada dalam visualisasi yang ada dalam iklan. Namun disisi lain, menilai bahwa ada sisi cantik yang tidak ada dalam endorser iklan itu seperti cantik yang ada dalam penilaiannya. Dan khalayak pada kategori oppositional reading tidak sependapat dengan nilai cantik yang dibangun oleh pembuat iklan melalui endorser karena ia memiliki segi penilaian yang berbeda dengan yang ditawarkan oleh pembuat iklan.