PENGARUH PESAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SESAMA MEMBER TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DALAM MODIFIKASI MOTOR (Studi pada Anggota Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Malang)
Main Author: | Kartikasari, Tri Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32547/1/jiptummpp-gdl-triayukart-43763-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32547/2/jiptummpp-gdl-triayukart-43763-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan atas ketertarikan peneliti akan semakin populernya trend modifikasi motor di kalangan anak muda di Kota Malang, banyak anak muda saat ini merubah tampilan kendaraannya supaya beda dari yang lainnya dan mendapat suatu kebanggaan tersendiri. Perubahan perilaku tersebut secara tidak langsung dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pesan komunikasi interpersonal antar sesama pelaku modifikasi motor. Komunikasi yang dilakukan antara pelaku modifikasi disini berperan penting sebagai salah satu sarana memberikan informasi melalui pesan yang disampaikan pada saat melakukan proses komunikasi dan memberikan ide – ide kreatif terhadap sesama para modifikator. Oleh sebab itu peneliti meneliti sebuah komunitas motor yang anggotanya memiliki ketertarikan yang besar terhadap modifikasi, peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh pesan komunikasi interpersonal sesama member klub terhadap perubahan perilaku dalam modifikasi motor di komunitas Yamaha Vixion Club chapter Malang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon), bertujuan untuk mengetahui respon yang disebabkan oleh pesan komunikasi interpersonal (Pesan/Stimulus) terhadap sesama member (Komunikan/Organisme) sehingga terjadi perubahan perilaku modifikasi motor (Respon/Efek). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, yang merupakan pendekatan pengumpulan data melalui angket dan diolah untuk memperoleh hasil berupa angka. Dasar dari penelitian ini yaitu survey, dimana penelitian yang dilakukan terhadap seluruh anggota komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Malang ini merupakan penelitian sampel karena populasi terlalu besar yaitu berjumlah 150 anggota, maka dipilih lah anggota yang akan dijadikan responden dengan menggunakan rumus slovin ditemukan sebanyak 60 anggota yang akan dijadikan responden. Berdasarkan hasil penelitian, responden seluruhnya berjenis kelamin laki-laki dengan usia yaitu antara 19-31tahun. Berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier sederhana, dapat diketahui pengaruh variabel bebas terhadap Perubahan Perilaku dalam Modifikasi Motor dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar239,583, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 4,007. Hal tersebut berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Perubahan Perilaku dalam Modifikasi Motor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Pesan Komunikasi Interpersonal Sesama Member Club terhadap variabel Perubahan Perilaku dalam Modifikasi Motordapat diterima. . Dari analisis data diperoleh hasil R (koefisien determinasi) sebesar 0,805. Artinya bahwa 80,5% variabel Perubahan Perilaku dalam Modifikasi Motor akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Pesan Komunikasi Interpersonal Sesama Member Club (X). Sedangkan sisanya 19,5% variabel Perubahan Perilaku dalam Modifikasi Motor akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.