PENGARUH TERPAAN TAYANGAN IKLAN DI BLIBLI.com TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI STUDI DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | Amalia, Ayu Muchlisul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32543/1/jiptummpp-gdl-ayumuchlis-44035-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32543/2/jiptummpp-gdl-ayumuchlis-44035-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32543/ |
Daftar Isi:
- Kehadiran online shop telah mengubah cara seseorang untuk memudahkan pembelian, tanpa perlu repot antri, jauh-jauh datang ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Internet merupakan salah satu media yang membuat seluruh dunia tersambung sehingga mendatangkan dampak sekaligus banyak manfaat. Karena kebutuhan masyarakat saat ini mengalami perubahan maka Blibli juga memanfaatkan media internet secara maximal untuk membangun hubungan antara pengiklan dan konsumen. Banyak perusahaan memanfaatkan Blibli.com sebagai media untuk menginklankan produk. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang dengan responden mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Angkatan 2014 sebanyak 480 orang dengan anggota sampel 83 orang. Alasan pokok dari pemilihan responden tersebut adalah bahwa kalangan mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kebiasaan menggunakan media internet lebih tinggi dibandingkan yang lainn. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh kekerapan melayari situs Blibli.com terhadap keputusan membeli, dengan menggunakan uji regresi sederhana. Persentase hasil uji regreso menunjukkan adanya pengaruh ketertarikan responden dengan barang yang dibeli di Blibli.com dan responden setuju mengadakan pembelian, sebesar 63,4%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara keterapan melayari Blibli.com terhadap keputusan membeli di kalangan mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2014, hal ini dapat dilihat dari tingkat probalitas uji t sebesar 0%. Pengaruh terpaan dilihat dari keseringan responden melayari situs Blibli.com dalam satu bulan, memperhatikan semua barang yang ditawarkan, sering memperhatikan detail fitur dari situs Blibli.com.