UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN MELALUI METODE BERVARIASI SISWA KELAS IV SDN MALINGMATI III KEC.TAMBAKREJO KAB.BOJONEGORO
Main Author: | SUHADI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32516/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-suhadi0739-22098-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32516/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-suhadi0739-22098-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32516/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari kegiatan pembelajaran tidak akan tercapai tanpa adanya komponen-komponen lainnya, salah satu diantaranya adalah metode,.Metode adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dengan memanfaatkan metode secara akurat,guru akan mampu mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Maka ketika tujuan dirumuskan agar anak didik mempunyai ketrampilan tertentu, maka metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan. Oleh karena itu guru harus menggunakan metode yang yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Perlu diketahui bahwa tidak ada satupun metode yang dianggap sempurna dari pada yang lan, karena masing-masing metode mempunyai keunggulan dan kelebihan. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran dapat digunakan lebih dari satu metode atau metode bervariasi (multi metode). Dewasa ini telah terjadi pergeseran pola sistem mengajar yaitu dari guru yang mendominasi kelas menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Guru seharusnya berperan fasilitator belajar dari pada sebagai pengajar dan tidak merupakan satu-satunya sumber informasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, guru harus menciptakan kondisi belajar yang aktif dan kreatif. Kegiatan pembelajaran harus menantang, menyenangkan, mendorong eksplorasi, dan berpusat pada siswa dengan mengembangkan kecakapan berfikir siswa. Maka dalam penelitian ini, metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester II di SDN Malingmati III Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi evaluasi pada siklus I (41%) siswa mendapat nilai diatas KKM. Pada siklus II meningkat menjadi (91%) siswa mendapat nilai diatas KKM Dari hasil penelitian pembelajaran dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Malingmati III Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2009/2010.