PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISTEM KOORDINAT KARTESIUS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VI SDN PLOSOGENENG III JOMBANG
Main Author: | PRASETIANINGRUM, WIWID |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32513/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-wiwidprase-22101-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32513/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-wiwidprase-22101-Bab%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32513/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Plosogeneng III Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang pada semester II tahun pelajaran 2009/2010 pada mata pelajaran Matematika yang masih rendah khususnya pada materi sistem koordinat kartesius. Siswa cenderung tidak mau bertanya kepada guru meskipun mereka sebenarnya belum mengerti materi yang telah disampaikan. Pembelajaran masih cenderung pada teacher centered pada saat guru menjelaskan tentang sistem koordinat kartesius siswa tidak diajak untuk menyelesaikan soal bersama guru tetapi diselesaikan guru sehingga siswa tidak terlibat secara aktif selama proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika terutama pada materi sistem koordinat kartesius. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang siklusnya terdiri atas : perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan observasi, evaluasi dan refleksi. Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan pada siswa kelas VI SDN Plosogeneng III Jombang pada saat prasiklus. Diharapkan melalui metode role playing ini siswa kelas VI SDN Plosogeneng III Jombang dapat lebih aktif, kreatif, mudah mengingat, dapat bekerjasama dengan temannya, menumbuhkan jiwa sosial, menarik minat dan pembelajaran menjadi meningkat. Hasil belajar siswa diukur dari hasil evaluasi siswa dengan berpedoman pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar menunjukkan 37,5%, setelah dilakukan kegiatan siklus I hasil belajar meningkat menjadi 68,75%. Dan akhirnya mencapai 87% setelah dilakukan kegiatan pada siklus II. Sedangkan pada kemampuan siswa pada siklus I pada saat melakukan role playing terdapat 4 siswa yang kurang mampu, 7 siswa yang cukup mampu dan 5 siswa yang mampu kemudian meningkat pada siklus II siswa yang cukup mampu sebanyak 6 siswa, yang mampu 8 siswa dan yang sangat mampu terdapat 3 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Plosogeneng III Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang pada semester II tahun pelajaran 2009/2010.