Upaya Peningkatan Kemampuan Mengurutkan Bilangan Cacah melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas 2 SDN Torongrejo 01 Batu
Main Author: | FITRIANTO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32508/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-fitrianto0-22106-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32508/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Matematika di kelas II SD Negeri Torongrejo 01 dengan jumlah siswa 20 siswa khususnya pada kompetensi dasar Mengurutkan Bilangan selama ini peneliti rasa hasilnya masih kurang memuaskan. Hanya 15 % yang mendapat nilai 65 - 100 ; terdapat 85% siswa yang mencapai nilai dibawah standar ketuntasan minimal dan nilai siswa tersebut hanya mencapai 50-70. Oleh karena itu peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan agar dapat mengurutkan bialangan bilangan cacah. Prosedur penelitian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus berisi tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Menurut hasil pengamatan, observasi, dan refleksi siswa, ditemukan bahwa akar permasalahannya adalah proses pembelajaran yang belum memfasilitasi siswa untuk terampil dalam mengurutkan bilangan. Ada upaya tindakan dalam pemecahan masalah yaitu : Upaya peningkatan kemampuan mengurutkan bilangan cacah melalui media fruit card. Hasil temuan pada siklus I menunjukkan sebanyak 55 % siswa yang mencapai ketuntasan belajar ; sedangkan hasil temuan pada siklus II menunjukkan sebanyak 90 % siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Maka dari hasil temuan pada siklus I dan II terlihat adanya peningkatan. Hal ini berarti bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan media Kartu Bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri Torongrejo 01 pada Semester II tahun 2009 / 2010.