TEKNIK ′′ GALI KUNCI ′′ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN SENGANTEN II KAB.BOJONEGORO

Main Author: PRIYANA, NILLA TRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32481/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nillatripr-22135-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32481/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nillatripr-22135-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32481/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang dari kesulitan siswa untuk mengawali atau mendapatkan ide awal menyusun puisi.Kesulitan mereka dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa puisi itu hanya milik para pengarang besar, bahasanya sulit dipahami, dan tidak ilmiah. Meskipun demikian pada dasarnya, siswa memiliki kemampuan menulis tetapi guru kurang memahami kemampuan tersebut. Oleh karena itu, siswa perlu mendapat kebebasan dan kesempatan menuangkan idenya ke dalam bentuk puisi. Untuk itu penulis berusaha mencari solusi dengan menerapkan teknik gali kunci yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi. Teknik Gali Kunci adalah teknik yang berupa pemberian stimulus berupa sebuah kata kunci yang harus dieksplorasi oleh siswa sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Dari eksplorasi kata yang terkumpul barulah disusun menjadi sebuah puisi. Dengan kata lain teknik ini sebagai langkah awal agar siswa tidak kesulitan menemukan ide dalam menulis puisi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Senganten II dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Sedangkan data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Hasilnya dianalisis secara deskriptif dan dihitung dengan cara prosentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I pelaksanaan pembelajaran tentang menulis puisi sudah cukup baik meskipun masih belum didapatkan hasil yang optimal, kemampuan dalam Menggali kata-kata kunci (71,6 %), keterkaitan judul dengan isi (63,7%), penggunaan dan penulisan ejaan (63,1 %), sturktur kalimat (62,9%), dan pemahaman konsep tentang menulis puisi dengan menggunakan teknik gali kunci (62,1%). Sedangkan berdasarkan lembar pengamatan perilaku siswa Telah menunjukkan perubahan perilaku positif yaitu mereka antusias, aktif, kreatif, serius, dan percaya diri meskipun tidak secara keseluruhan. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Data hasil uji kompetensi siswa pada siklus ini menunjukkan kemampuan dalam Menggali kata-kata kunci (93,2%), keterkaitan judul dengan isi (78,9%), penggunaan dan penulisan ejaan (79,8%), struktur kalimat (79,8%), dan pemahaman konsep tentang menulis puisi dengan menggunakan teknik gali kunci juga terjadi peningkatan (79,5%). Dan Dalam kegiatan belajar mengajar dengan kerja kelompok siswa telah menunjukkan sikap sangat antusias, aktif, kreatif, serius, dan percaya diri yang optimal, Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik Gali Kunci′′dapat meningkatkan keterampilam menulis puisi siswa kelas V di SDN Senganten II Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.