PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA PADA MATERI BERPIDATO MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS VI SDN KALITIDU I KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO
Main Author: | KURNIATIK, HAPPY SETYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32479/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-happysetya-22136-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32479/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-happysetya-22136-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32479/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan yang ada di lapangan , dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada ketrampilan berbicara belum seperti yang diharapkan. Siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam ketrampilan berbicara. Padahal ketrampilan berbicara menunjang ketrampilan berbahasa yang lainnya. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang teoritisdan ceramah. Keadaan tersebut menimbulkan rasa jenuh, bosan serta pembelajaran di kelas terasa kaku. Penelitian ini diharapkan guru mampu berperan sebagai pembaharu atau inovator dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan berdasarkan data-data dan informasi dari siswa dan membuat suasana kelas menjadi lebih kondusif secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan ketrampilan berbicara pada materi berpidato dilakukan PTK dengan menggunakan metode cooperative script. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalitidu I Kecamatan Kalitidu kabupaten Bojonegoro dengan tahapan dua siklus. Pada siklus I siswa masih ada yang takut, malu dan canggung dalam berpidato. Selain itu di dalam siklus I ini belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan metode cooperative script.dalam siklus II siswa dan guru sudah mulai memahami dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan metode cocoperative script. Sehingga didapatkan hasil yang menunjukkan cukup memuaskan. Hal ini dapat di lihat dari observasi siswa dan guru yang mualia terbiasa dengan suasana belajar dengan metode cooperative script. Dari hasil observasi terhadap siswa mengalami peningkatan dari 64,5 % pada siklus I menjadi 89,5 % pada siklus II. Sementara itu hasil hasil dari penilain performent yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan darai rata-rata 61,45 ( sebelum penggunaan metode cooperative script ) menjadi 69,22 ( setelah penggunaan metode cooperative script pada siklus I ) dan menjadi 76,06 (setelah penggunaan metode cooperative script pada siklus II ). Dari pelaksanaan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan berbicara pada materi berpidato siswa kelas VI SDN Kalitidu I Kecamatan Kalitidu kabupaten Bojonegoro