PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG ORGANISASI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN DANDER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010 DANDER, BOJONEGORO

Main Author: UTOMO, BUDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32476/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-budiutomo0-22137-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32476/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-budiutomo0-22137-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32476/
Daftar Isi:
  • Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Akantetapi kenyataan yang sering dialami guru dalam pembelajaran PKn khususnya Kompetensi Dasar menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat selalu mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Halini ditunjukkan dalam kegitan pre tes ynag dilakukan diawal penelitian, ketuntasan belajar yang diperoleh hanya sebesar 42,7 %, berarti masih 57,3 % dari keseluruhan siswa yang berjumlah 28 siswa belum tuntas belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (a) bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran PKn dengan diterapkannya metode kooperatif tipe STAD? (b) bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? (c) bagaimana peningkatan prestasi belajar PKn siswa setelah diterapkanya metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran PKn melalui metode kooperatif tipe STAD; (b) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn melalui metode Kooperatif Tipe STAD; (c) untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar PKn siswa melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang berupa siklus atau putaran dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi siklus akan dihentika apabila > 80% peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ). Adapun KKM untuk mata pelajaran PKn di SDN Dander II adalah 65. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dander II Tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 28 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat (a) meningkatkan aktivitas guru hingga 75%; (b) aktivitas siswa hingga 83,3%; dan (c) prestasi belajar siswa hingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 96,3 %, pada mata pelajaran PKn kompetensi dasar menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat pada siswa kelas V SDN Dander II Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.