PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS III DI SDN CLEBUNG I BUBULAN BOJONEGORO
Main Author: | S A P A W I, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32472/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-sapawi0739-22140-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32472/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-sapawi0739-22140-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32472/ |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan kategori mata pelajaran yang mendapatkan prioritas utama. Sebagaimana yang tertuang dalam kurikulum 2006 (KTSP) mata pelajaran Matematika di SD/MI. Hal ini terbukti bahwa mata pelajaran Matematika selalu diikutkan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ( UASBN ). Oleh karena itu, banyak lembaga-lembaga bimbingan yang membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran ini. Tidak semua siswa senang dengan mata pelajaran matematika, terjadinya hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa yang rendah, metode pembelajaran yang kurang tepat, media pembelajaran yang tidak ada, sehingga pembelajaran kurang bermakna. Proses belajar mengajar akan berlangsung sukses dan siswa dapat mengalami keberhasilan dalam belajar jika indikator dan tujuan pembelajaran telah tercapai. Maka dalam menerapkan media pembelajaran guru harus mengetahui karakteristik siswa di dalam kelas. Media benda konkret merupakan alat atau benda yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Penggunaan media pembelajaran akan memungkinkan terjadinya proses belajar pada diri peserta didik dan atau dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini yang bertempat di SDN Clebung I Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro pada kelas III, ternyata hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media benda konkret yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.