PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI PADA MATERI PECAHAN DI SDN SUMURAGUNG I SUMBERREJO BOJONEGORO

Main Author: DJUMIJATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32470/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-djumijati0-22141-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32470/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-djumijati0-22141-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32470/
Daftar Isi:
  • Matematika memegang peranan yang mendasar dalam berbagai disiplin ilmu pendidikan.Kenyataan di lapangan masih banyak siswa SD yang tidak menguasai matematika. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN Sumuragung I Sumberrejo Bojonegoro pada materi pecahan disebabkan karena kurangnya kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas, dan kurang tepatnya metode yang selama ini digunakan yaitu metode tugas rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN Sumuragung I Sumberrejo Bojonegoro dengan penerapan metode resitasi. Metode resitasi atau sering disebut metode pemberian tugas adalah memberikan tugas kepada siswa secara individu dalam bentuk tugas esei dan dapat diselesaikan di luar jam belajar, dan siswa diberi kesempatan untuk menemukan cara sendiri untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan, dengan harapan siswa lebih mandiri dalam belajar sehingga prestasi pembelajaran semakin meningkat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Sumuragung I Sumberrejo Bojonegoro dengan subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan non tes, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada siklus I diketahui bahwa hasil prestasi belajar matematika siswa tentang operasi hitung pecahan desimal dengan metode resitasi 50% (11) siswa yang mengalami ketuntasan. Karena belum mencapai standar ketuntasan kelas yaitu 75% maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil prestasi belajar matematika siswa mencapai 81.82% (18) yang sudah mencapai ketuntasan, peningkatan prestasi mencapai 31,82%. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI pada materi pecahan di SDN Sumuragung I Sumberrejo Bojonegoro.