PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN JARIMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN GEDANGKULUT KEC CERME KABUPATEN GRESIK

Main Author: YUGO, PRATOMO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32436/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-pratomoyug-22159-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32436/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-pratomoyug-22159-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32436/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa depan. Penulisan penelitian tindakan kelas didasarkan atas kepedulian penulis terhadap dunia pendidikan yang dirasakan mengalami permasalahan pembelajaran kelas. Setelah peneliti melakukan observasi di SDN Gedangkulut cerme - Gresik, didapatkan data bahwa pada akhir pembelajaran masih ditemukan 16 siswa yang nilainya jelek, setelah dicari penyebabnya ternyata beberapa siswa tesebut tidak senang dengan pelajaran matematika, ada pula yang tidak mendengarkan pada saat diterangkan dan ada pula yang membutuhkan waktu yang lama dalam megerjakan soal sehingga pada hasil kerjanya hanya dikerjakan beberapa soal saja, sehingga tingkat ketuntasan klasikal peserta didik pada pembelajaran matematika masih dibawa rata-rata, untuk itu peneliti mengambil judul : Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Operasi Hitung Perkalian Dengan Melita pada Siswa Kelas IV SDN Gedangkulut Kec Cerme - Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui meningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV SDN Gedangkulut Cerme - Gresik Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya dimulai tanggal 3 sampai dengan 31 mei 2010, di SDN Gedangkulut kecamatan Cerme kabupaten Gresik. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan pemberian tes ( ulangan harian ) pada setiap akhir siklus, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat, pada siklus I peserta didik belum berani mengemukakan pendapatnya dan cenderung bersifat individual serta hasil observasi aktivitas belajar sebesar 68,75 % sedangkan pada siklus II peserta didik sudah berani mengemukakan pendapat, memiliki rasa sosial yang tinggi, interaksi dan kerja sama antar peserta didik yang meningkat, dan dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas belajar sebesar 87,50 %.Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh 11 siswa dari 24 siswa yang tuntas belajar( 45,83 % ), sedangkan pada siklus II diperoleh 20 siswa dari 24 siswa yang tuntas belajar ( 83,33 % ). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar operasi hitung perkalian menggunakan media pangan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci :Aktivitas, Prestasi, Operasi hitung perkalian dan Media Pangan