PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS KALIMAT ESAI MELALUI METODE KOOPERATIF SKRIP SISWA KELAS VI SDN. BURENGAN 4 KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI
Main Author: | MULYANI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32433/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-srimulyani-22162-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32433/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-srimulyani-22162-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32433/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan guru sering menjelaskan hal-hal bersifat gramatikal, siswa hanya mengetahui tentang aturan bahasa yang disebut tata bahasa, tetapi belum tentu siswa dapat menerapkan dalam tuturan maupun tulisan yang baik dan benar. Hal ini menyebabkan siswa menjadi bosan, sebab selama dalam proses pemerolehan konsep, siswa lebih banyak mendengarkan informasi dari guru, menyebabkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Mereka hanya berpartisipasi saat mengerjakan tugas soal-soal latihan. Nilai rata-rata tes harian Bahasa Indonesia kelas 6 SDN Burengan 4 Kecamatan Pesantren Kota Kediri sebesar 60, masih jauh dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan. Metode Kooperatif Skrip diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam memahami cara menulis kalimat esai pada pelajaran Bahasa Indonesia, baik dalam memperoleh hasil ulangan maupun aktifitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahkan dalam kehidupannya di luar sekolah. Adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis esai bagi siswa kelas 6 SDN Burengan 4 Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode Kooperatif Skrip Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan siklus yang telah diperkenalkan oleh Nasution dan Tarigan. Dengan adanya siklus penelitian, peneliti dapat menemukan kesulitan yang dihadapi siswa dan bagaimana cara pemecahannya sehingga pada akhir penelitian ini prestasi belajar siswa dapat terlihat nyata. Penerapan pembelajaran pemahaman penyusunan kalimat esai dengan menggunakan metode cooperative scrip menunjukkan peningkatan prestasi hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal pada siklus I 69,25% dengan nilai rata-rata 69,25 menjadi ketuntasan klasikal pada siklus II 79,69% Dengan nilai rata-rata 78,64. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasaan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Kooperatif Skrip dalam meningkatkan pemahaman penyusunan kalimat esai pada siswa kelas 6 SDN Burengan 4 Kecamatan Pesantren kota Kediri, prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal . Nilai rata-rata siswa hanya 69,25, pada siklus I meningkat menjadi 78,64 pada siklus II ada peningkatan 10,44% selain itu aktivitas belajar siswa meningkat karena pada awalnya siswa belum terbiasa, tetapi pada siklus II siswa sudah menjadi lebih senang dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode Kooperatif Skrip dalam penelitian ini.