PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA PELAJARAN IPA MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN BAWANG I KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI

Main Author: SUROYO,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32431/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-suroyo0739-22164-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32431/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-suroyo0739-22164-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32431/
Daftar Isi:
  • pengetahuan dari guru ke siswa menyebabkan siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, aktifitas siswa belajar siswa terhadap pembelajaran IPA menjadi kurang. Untuk itu diperlukan strategi atau metode pembelajaran yang membantu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa secara optimal, dalam hal ini menggunakan metode Jigsaw Untuk membahas permasalahan di atas, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan, refleksi. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes, sedangkan data aktifitas siswa dengan menggunakan lembar kerja (LKS) Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase aktifitas siswa pada siklus 1 adalah 61.20% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 92.30%. peningkatan aktifitas belajar siswa juga sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar kognitifnya. Kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65. Kalau pada siklus 1 yang belum tuntas 10 siswa, maka pada siklus 2 yang belum tuntas tinggal 2 siswa. Dari hasil yang diperoleh maka penerapan metode Jigsaw materi Sifatsifat Cahaya pelajaran IPA kelas V SDN Bawang I Kecamatan Pesantren Kota Kediri dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa secara optimal.