PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI BIOLOGI SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: Shafiyah, Jun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32403/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-junshafiya-20060-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32403/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-junshafiya-20060-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32403/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran biologi selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan, dan tanya jawab. Dimana guru yang paling berperan dalam pembelajaran sedangkan siswa menjadi pendengar dan penonton pasif. Hal ini dapat berakibat pada pemahaman siswa dan kemudian hasil belajar kurang optimal karena siswa tidak terlibat aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di bidang study Biologi di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Muhammadiyah 1 Malang pada semester 2 tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang pada materi struktur tumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil adalah hasil motivasi belajar siswa dan hasil tes siswa siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata - rata motivasi siswa sebelum penelitian tindakan kelas terrmasuk kategori "sedang". Sedangkan nilai rata - rata motivasi siswa setelah penelitian tindakan kelas terrmasuk kategori "tinggi". Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti tes, yang memenuhi KKM (Kriteria ketuntasan minimum) sebanyak 9 siswa dengan prosentase 45% dan yang tidak memenuhi sebanyak 11 siswa dengan prosentase 55%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti tes, yang memenuhi KKM sebanyak 16 siswa dengan prosentase 80% dan yang tidak memenuhi sebanyak 4 siswa dengan prosentase 20%. Jadi penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model Group Investigation (GI) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pelajaran Biologi di kelas karena dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar biologi.