IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII3 SMP NEGERI 1 EMPANG-SUMBAWA

Main Author: KOMALASARI, YULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32401/1/jiptummpp-gdl-s1-2010-yuliakomal-19017-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32401/2/jiptummpp-gdl-s1-2010-yuliakomal-19017-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32401/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi IPA biologi di SMP Negeri 1 Empang-sumbawa bahwa dari proses pembelajaran IPA Biologi menunjukkan aktivitas siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas siswa terlihat siswa masih kurang percaya diri dalam mengajukan pertanyaan maupun dalam menjawab pertanyaan guru, siswa juga belum terbiasa mengeluarkan pendapat,serta masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga proses pembelajran berjalan searah di akibatkan siswa cendrung pasif. Rendahnya kemampuan siswa dalam aktivitas mengakibatkan siswa tidak mampu untuk mengembangkan daya pikir kearah yang lebih luas. Inilah yang menyebabkan anak didik kita sulit untuk memahami materi-materi yang dipelajarinya. Dan hasil belajar masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dimana nilai KKM di SMP Negeri 1 Empang-Sumbawa adalah 60. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Empang-Sumbawa, jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri atas dua siklus dengan 3 kali pertemuan pada siklus I dan 2 kali pertemuan pada siklus II. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Empang-Sumbawa pada tanggal 8 Januari 2010 sampai dengan 12 Februari 2010. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII3 SMPN 1 Empang-Sumbawa yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Analisa data menggunakan ketuntasan belajar, ketuntasan belajar masing-masing siswa disesuikan dengan KKM sekolah yaitu 60. Hasil penelitian menunjukkan pada bahwa aktivitas siswa pada mengajukan pertanyaan meningkat dari 26,75% menjadi 76%, pada menjawab pertanyaan yaitu 42,25% menjadi 67,25% begitu pula pada mengeluarkan pendapat dari 40,75% menjadi 57% serta aktivitas siswa pada mengerjakan tugas dalam kelompok dari 64% menjadi 77,25%, sedangkan dalam pemahaman konsep siswa yang tuntas secara individu ada 21 orang. Dan ketuntasan klasikal sebesar 48,84 % (belum tuntas) dengan rata-rata nilai 59,88. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran siswa tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi 37 siswa dengan ketuntasan klsikal sebesar 86,05% (tuntas) dengan rata-rata nilai 75,35. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigaw dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan kognitif biologi siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Empang-Sumbawa.