AUDIT OPERASIONAL FUNGSI PENJUALAN UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA MAGENTA GARMEN MALANG
Main Author: | FATMA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32380/1/jiptummpp-gdl-s1-2010-fatma05620-18809-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/32380/2/jiptummpp-gdl-s1-2010-fatma05620-18809-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32380/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menelaah fungsi penjualan pada Magenta Garment Malang sudah mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas. Kegunaan dari penelitian ini bagi perusahaan yaitu sebagai dasar pertimbangan bagi manajemen yang telah dilakukan perusahaan terkait dengan audit operasional fungsi penjualan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi audit pendahuluan, review dan pengujian pengendalian manajemen, uudit terinci, pelaporan, tindak lanjut dan melakukan pengukuran efisiensi dan efektivitas. Hasil pemeriksaan manajemen terhadap fungsi penjualan dalam usaha peningkatan efisiensi dan efektivitas usaha pada Magenta Garment Malang dapat diketahui bahwa idle capacity, achievement rate, inventory level dapat diketahui bahwa mesin-mesin yang digunakan perusahaan untuk proses produksi memiliki tingkat produktivitas yang tinggi sehingga dapat mendukung aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Analisis terhadap quality control dapat membuktikan bahwa penyebab terjadinya kerusakan produk akibat kesalahan dalam melakukan proses produksi dengan total unit yang reject pada bulan April prosentase service rate menunjukkan adanya peningkatan dan hal tersebut menjadi salah satu penghambat atas usaha maksimal dari bagian penjualan untuk meningkatkan penjualan produk. Hasil pengukuran tingkat efisiensi dan efektivitas fungsi penjualan dapat diketahui selama tahun 2009 mampu mencapai efisiensi dalam aktivitas penjulannya, hal tersebut dikarenakan hasil penjualan yang telah dicapai melebihi dari biaya penjualan yang dikeluarkan oleh perusahan. Dari hasil perhitungan efektivitas selama tahun 2009 maka dapat diketahui bahwa perusahaan mampu melakukan kegiatan penjualan secara efektif, hal tersebut dikarenakan realisasi penjualan yang telah dicapai melebihi atas anggaran penjualan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasik tersebut dapat disimpulkan bahwa perusahaan telah melakukan aktivitas perusahaan khususnya fungsi penjualan dapat secara efektif dan efisien dalam menjalankan aktivitasnya.