Analisis Harga Pokok Produksi Sebagai Alat Untuk Menentukan Harga Jual (Studi Kasus Pada "SARANA BERSIH" Sentra Peralatan Kebersihan Malang)

Main Author: Nurhayati, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32347/1/jiptummpp-gdl-s1-2010-anisnurhay-18647-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32347/2/jiptummpp-gdl-s1-2010-anisnurhay-18647-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32347/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengklasifikasikan perhitungan harga pokok produksi dan bagaimana perusahaan dalam menetapkan harga jual produk. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode full costing, karena dalam metode full costing merupakan penentuan harga pokok produk yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi, yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel dan biaya overhead pabrik tetap. Hasil analisis adalah penetapan harga jual yang dilakukan oleh pemilik terlalu tinggi dan harga pokok penjualan apabila dibandingkan dengan perhitungan menggunakan metode full costing. Hal ini akan berakibat fatal bagi perusahaan apabila ada usaha sejenis yang menawarkan harga yang lebih rendah. Pengambilan keuntungan yang terlalu tinggi akan mengakibatkan berpindahnya konsumen. Oleh karena itu pemilik seharusnya menggunakan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, sehingga dapat memperkirakan berapa laba dan penjualannya.