PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KLOJEN MALANG

Main Author: AL-ATAS, HANNA MUSTAFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32320/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-hannamusta-23592-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32320/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-hannamusta-23592-BAB%2B1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32320/
Daftar Isi:
  • Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi yang mengisyaratkan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu media. Salah satu media yang digunakan sebagai alat komunikasi adalah televisi, karena memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi masyarakat. Salah satu program televisi yang menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan fisik adalah iklan. Iklan yang dimaksud adalah iklan obat flu, karena banyak dijumpai pada masyarakat. Hal ini kecenderungan membuat masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi) sebagai penyelesaian dari masalah kesehatan yang mereka kenali sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel 100 responden. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas yaitu menggunakan validitas muka sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-20. dan alat analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, uji t, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian pada analisa korelasi yaitu r hitung = 0,233 > r tabel = 0,195 maka terdapat hubungan antara iklan obat flu ditelevisi dengan pemilihan obat secara swamedikasi. Berdasarkan uji t diperolah t hitung = 2,376 > t tabel = 1,980 maka iklan obat flu ditelevisi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan obat secara swamedikasi dengan persamaan regresi Y = 2,628 + 0,313X maka bila indikator iklan obat flu di televisi bertambah 1, maka pemilihan produk obat flu secara swamedikasi akan meningkat 0,313 dan besarnya pengaruh iklan obat flu ditelevisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi adalah sebesar 5,4% dan sisanya 94,6% pemilihan obat secara swamedikasi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.