IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU DAN RELEVANSI Di SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ( Studi Kasus di SMK Industri Kota Madiun )

Main Author: SURATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32298/1/jiptummb--surati0837-28278-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32298/
Daftar Isi:
  • Pembimbing I : Dr. Sugiarti, M.Si, Pembimbing II : Drs. Agus Tinus, M.Pd. SMK Industri Madiun merupakan SMK swasta Kelompok Teknologi dan Rekayasa, Program Keahlian Teknik Pemesinan, jumlah siswanya 108 siswa. Sebagian besar siswa berlatar belakang ekonomi kurang mampu, tetapi pengurus sekolah mempunyai berbagai kiat untuk menjadikan SMK mencetak lulusan yang mempunyai karakteristik mutu dan relevansi dengan kebutuhan DU/DI. Dengan meningkatkan jalinan komunikasi guna mendapatkan sinergi dengan stake holder untuk mengoptimalkan sumberdaya yang ada. Rumusan masalah dalam fokus penelitian ini adalah :(1) Bagaimana mekanisme yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di SMK Industri kota Madiun ?. (2) Bagaimana kegiatan pembelajaran di sekolah (guru, siswa) dan di DU/DI dalam pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda ?.(3) Bagaimanakah hasil Pendidikan Sistem Ganda dalam rangka peningkatan mutu dan relevansi di SMK Industri kota Madiun ?. Tujuan penelitian ini adalah : (1)Untuk menjelaskan bagaimana mekanisme yang dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda di SMK Industri kota Madiun. (2) Untuk menjelaskan bagaimana kegiatan pembelajaran di sekolah (guru, siswa) dan DU/DI dalam pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda di SMK Industri Madiun. (3) Untuk menjelaskan hasil PSG dalam rangka peningkatan mutu dan relevansi di SMK Industri Kota Madiun. Berdasarkan karakteristik subyek dan fokus penelitian, untuk menjawab fokus permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik kumpulan data yang digunakan antara lain : observasi, wawancara dan dukumentasi, setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi, seterusnya apabila sudah keabsahan data maka langkah berikutnya adalah pelaksanaan analisis data yang meliputi reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Setelah dilakukan pengecekan dan pembahasan diperoleh kesimpulan penelitian : (1) Mekanisme yang dilakukan untuk mendukung PSG di SMK Industri yang menjadikan kebijakan Prakerin di SMK Industri adalah pemetaan, sinkronisasi lokasi, durasi dan penempatan siswa Prakerin dilaksanakan oleh panitia disesuaikan dengan kemampuan sumberdaya sekolah. (2) Kegiatan Pembelajaran selama PSG menggunakan day release, lima hari kerja Senin sampai dengan Jumat Prakerin pada DU/DI, satu hari pembelajaran di sekolah setiap hari sabtu selama tiga bulan. (3) Hasil PSG berdasarkan Nilai pada Sertifikat PSG 98 % berpredikat Baik, berdasarkan mutu perubahan sikap siswa pada raport nilai semester 5 terdapat peningkatan kedisiplinan yang positif dan peningkatan motivasi belajar, ditinjau dari hasil sinkronisasi dan relevansinya, dari 31 siswa terdapat 20 siswa berhasil ditempatkan pada DU/DI yang relevan dengan Program Keahlian Pemesinan, 8 siswa relevan dengan Keahlian Muatan Lokal Otomotif, dan 3 siswa relevan dengan Keahlian Muatan Lokal Teknik Las.