ANALISIS EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI PRODUK PADA TEH BOTOL SOSRO DAN TEH SARIWANGI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG)
Main Author: | PRASETIA, PANJI ADHI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32295/1/jiptummpp-gdl-s1-2009-panjiadhip-15885-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32295/ |
Daftar Isi:
- Media bagi sebuah produk barang maupun jasa merupakan hal yang sangat penting. Keberadaan media mampu menarik minat dan perilaku konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut, bahkan keberadaan media dianggap oleh perusahaan sebagai pilar bisnis yang menunjang bisnis itu sendiri. Banyak perusahaan besar mengganggap iklan televisi dan internet dapat lebih baik dalam mengkomunikasikan produk mereka kepada calon konsumen dari pada media yang lain, terutama apabila jaringan distribusi produk sudah dalam sekala besar. Hal ini, karena media televisi dan internet dapat menyuguhkan informasi iklan yang lebih interaktif secara audio visual yang dapat memikat perhatian banyak konsumen serta jangkauannya yang luas. Dalam konteks pembangunan sebuah produk, peranan iklan hanya menciptakan minat publik terhadap suatu produk (brand interst) atau meningkatkan kemampuan suatu produk untuk menjadi berarti di mata publik (brand talk). Berdasarkan latar belakang inilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai media promosi produk yang di gunakan oleh produk teh botol SOSRO dan teh Sariwangi yang dapat menarik perhatian banyak di kalangan Mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis mengangkat "Analisis Efektifitas Media Promosi Produk di Mata Mahasiswa (Study Kasus pada Teh Botol SOSRO dan Teh Sariwangi)" dengan media promosi yang dipakai berupa Media Audio Visual dan Media Visual. Pada penelitian ini metode analisis yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif atas variabel faktor produk, harga, distribusi, promosi maupun tingkat frekuensi dalam mengkonsumsi. Selanjutnya, pada pengambilan data dari tiap variabel menggunakan skala likert. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (proporsive) yaitu di kawasan Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Dau, Malang. Dimana pada kawasan ini merupakan sebuah sentral bagi para Mahasiswa yang berdomisil di kota Malang. Maka dari itu, penulis terfokus pada wilayah sekitar kampus, yaitu diantaranya: Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Malang, Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Nasional Malang. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian dilakukan dengan berbagai cara antara lain: Kuesioner, Wawancara dan viii observasi lapang. Analisis data dalam penelitian ini di lakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat di ketahui bahwa perbandingan beberapa indikator media promosi yang di lakukan oleh produsen teh, dapat di ketahui bahwa media yang lebih efektif di gunakan oleh responden adalah audio visual. Hal ini diasumsikan bahwa, media promosi yang digunakan oleh teh botol SOSRO dan teh Sariwangi, media audio visual lebih unggul di banding media visual. iklan yang ditayangkan melalui media televisi sangat dimungkinkan karena di Indonesia pada umumnya dan Jawa Timur kawasan Kecamatan Lowok Waru dan Kecamatan Dawu Malang khususnya, televisi bukan lagi barang mewah bahkan televisi sudah dianggap kebutuhan primer bagi sebagian besar Mahasiswa. Sedangkan layanan situs internet merupakan sebuah fasilitas responden untuk dapat lebih jauh mengakses produk yang di sediakan oleh produsen, apalagi pada kawasan tersebut telah banyak terdapat housephot.