IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU BAHASA INGGRIS SMP NEGERI DI KABUPATEN PASURUAN (Studi Multi Situs SMP Negeri 1 Pandaan, SMP Negeri 2 Pandaan dan SMP Negeri 2 Gempol Kabupaten Pasuruan)
Main Author: | Pristiwati, Dwi Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32266/1/jiptummpp-gdl-dwiagungpr-28372-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32266/2/jiptummpp-gdl-dwiagungpr-28372-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32266/ |
Daftar Isi:
- Seiring dengan perubahan keadaan menuju era globalisasi, pendidikan, sebagai salah satu kebutuhan primer, membutuhkan perubahan. Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan pendidikan, baik internal dan eksternal, yang menuntut adanya pengembangan demi kemajuan pendidikan itu sendiri. Pemerintah menindaklanjuti hal ini dengan berbagai langkah, salah satunya adalah menjalin kerjasama internasional pada bidang pendidikan. Kabupaten Pasuruan, khususnya, menjadi salah satu objek kerjasama dengan JICA (Japan International Coorporation Agency) yang mensosialisasikan metode pengembangan pendidikan yaitu Lesson Study. Lesson Study memungkinkan komunikasi antar elemen dalam suatu sekolah. Guru sebagai salah satu unsur dituntut untuk menjadi lebih profesional, sebagaimana yang diharapkan. Profesionalisme guru harus dipupuk untuk menghasilkan pendidikan yang lebih baik dengan berbagai metode pengembangan pendidikan. Implementasi Lesson study, sebagai salah satu metode pengembangan pendidikan di Kabupaten Pasuruan, merupakan salah satu langkah maju untuk meningkatkan profesionalitas guru. Dengan demikian, tujuan penelitian yang akan dicapai adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui parameter peningkatan profesionalisme guru bahasa inggris pada penerapan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan, 2) mengetahui kelebihan dan kelemahan Lesson Study dalam meningkatkan profesionalisme guru bahasa Inggris di Kabupaten Pasuruan. 2) Mengetahui kendala dan strategi Lesson Study dalam meningkatkan profesionalisme guru bahasa Inggris di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Sebagai alat bantu penelitian, penggunaan wawancara mendalam dan catatan lapangan sangat dibutuhkan. Informan kunci pada penelitian ini termasuk kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, para kepala sekolah, dan guru bahasa Inggris yang terkait langsung dengan Lesson Study. Teknik analisis data terdiri atas 3 fase, yaitu: 1) reduksi data yang merupakan proses pemilihan, 2) presentasi data atau penyusunan data, dan 3) kesimpulan atau verifikasi. Dengan adanya teknik analisis yang telah disebutkan, hingga melalui tahapan atau fase yang paling akhir, maka analisa data akan menunjukkan hasil. Hasil yang dimaksud adalah dimana lesson study yang merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengakjian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning yang mengandung research lesson dapat diimplementasikan dengan baik apabila di aplikasikan pada kondisi dan strategi yang tepat, sehingga manfaat Lesson study dapat diterima dengan baik dan tidak hanya memberikan efek yang baik bagi professionalitas guru, khususnya guru bahasa Inggris, tetapi juga pada setiap aspek pendidikan yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan hal ini.