IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM ADAPTIF BAHASA INGGRIS PROGRAM TEKNIK MESIN DAN KOMPUTER JARINGAN DI SMK MAHARDIKA KARANG PLOSO MALANG

Main Author: INASRI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32265/1/jiptummpp-gdl-inasri0937-28373-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32265/2/jiptummpp-gdl-inasri0937-28373-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32265/
Daftar Isi:
  • Pembimbing Utama Dr. Siti Fatimah S. M.Pd Dan Pembimbing Pendamping Dr. Sujalil, M. Pd. Kurikulum Adaptif adalah kelompok mata diklat yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki dasar pengetahuan yang luas dan kuat untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sosial, lingkungan kerja serta mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan proses penyususunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris, mendiskripsikan implementasi kebijakan kurikulum adaptif Bahasa Inggris dan mendiskripsikan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris Program Teknik Mesin dan Komputer Jaringan di Smk Mahardika Karangploso Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris di SMK Mahardika Karangploso Malang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu seperti musyawarah kecil dan kemudian diteruskan dengan pembentukan panitia rapat setelah itu dilaksanakan rapat besar untuk membahas masalah penyusunan kurikulum. Faktor yang menjadi acuan dan pertimbangan penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Visi, misi dan tujuan sekolah serta hasil belajar siswa. Pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Guru bidang studi. Implemantasi kebijakan kurikulum adaptif Bahasa Inggris disusun berdasarkan Kebutuhan lokal daerah dan kemampuan Siswa. Pihak yang bertanggung jawab atas kesalahan pelaksanaan kurikulum adaptif Bahasa Inggris yaitu Kepala sekolah, Guru bidang studi sendiri, dan Waka kurikulum. Perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus dibuat oleh pihak sekolah dengan melihat dulu kurikulum lain kemudian didipilah pilah dan di edit untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang ada di sekolah. Faktor pendukung memerlukan ruag lab Bahasa Inggris dan keterlibatan antara kedua belah pihak yaitu dari pihak sekolah dan keluarga siswa. Sementara Faktor penghambatnya adalah siswa yang tidak mempunyai buku LKS atau buku paket. Upaya sekolah dalam mengatasi ketidaktuntasan nilai yaitu dengan memberikan remidi, jika dalam remidi dan siswa masih mendapatkan nilai jelek maka diberikan tugas tambahan. Faktor yang mempengaruhi dalam Pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Perguruan Tinggi, Masyarakat, dan Sistem nilai. Sementara hambatan dalam pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah sarana dan prasarana, kurangnya informasi (koordinasi) dari pihak atas yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten, dan keterbatasan waktu yang dimiliki guru. Sementara faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum adalah Masyarakat, dan Guru.