ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI 2 JIWAN KABUPATEN MADIUN
Main Author: | SUKIMUN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32188/1/jiptummb--sukimun083-27968-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32188/2/jiptummb--sukimun083-27968-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32188/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ke-nyataannya tampak bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam me-nentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga perlu perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, pengelolaan kelas, peng-gunaan metoda mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karak-teristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Berdasar latar belakang di atas, peneliti mengadakan penelitian pelaksana-an proses pembelajaran untuk mengungkap: (1) pelaksanaan KTSP (2) gambaran kompetensi pedagogik guru (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pende-katan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalaui wawancara mendalam, ob-servasi, dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan model interaksi Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) KTSP di SMK Negeri 2 Jiwan Kabu-paten Madiun, dalam pelaksanaan melalui beberapa rangkaian yang membentuk siklus yaitu perencanaan KTSP yang dilakukan pada awal tahun pelajaran, pe-laksanaan/implementasi KTSP yang dilakukan para komponen sekolah, moni-toring yang dilakukan pengawasa dinas pendidikan dan evaluasi KTSP dilakukan diakhir tahun pelajaran untuk mengetahui permasalahan, kendala dan cara meng-atasinya (2) Gambaran kompetensi pedagogik guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun, dapat dilihat dari kemampuan perencanaan pembelajaran yakni pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemampuan proses pembelajaran interaksi antara peserta didik dengan pendidik, antar peserta didik dan antara peserta didik dengan aneka sumber belajar, kemampuan evaluasi pembelajaran teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus diku-asai oleh peserta didik.(3)Konsepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran serta evaluasi hasil belajar.