ANALISIS PELAKSANAAN KEBIJAKAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 1 GEGER KABUPATEN MADIUN

Main Author: SUPRIYADI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32187/1/jiptummb--supriyadi0-27972-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32187/2/jiptummb--supriyadi0-27972-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32187/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMK Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun, 2)Kompetensi professional guru di SMK Negeri 1 Geger,3)Keterkaitan supervisi kepala sekolah dengan peningkatan kompetensi professional guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatip. Dipilihnya pendekatan kualitatif disini, karena dalam penelitian ini, peneliti bermaksud ingin mengetahui lebih jauh tentang pelaksanaan supervisor oleh kepala sekolah untuk peningkatan kopetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Dalam hal ini peneliti secara kualitatif masuk ke subyek yang sedang diteliti karena concern-nya dengan konstek. Peneliti kualitatif, suatu fenomena dapat dimengerti maknanya secara baik apabila dilakukan interaksi dengan subyek melalui wawancara mendalam dan diobservasi pada latar dimana fenomena tersebut sedang berlangsung. Sedangkan kompetensi profesional guru masih perlu ditingkatkan, karena untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab, seorang guru dituntut memiliki beberapa kemampuan dan ketrampilan tertentu. Kemampuan dan ketrampilan tersebut sebagai bagian dari kompetensi profesionalisme guru. Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik. Ada keterkaitan antara pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan peningkatan profesional guru.Hal ini terjadi bila pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah berjalan dengan baik maka akan berdampak pada peningkatan kompetensi profesional guru.