PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PAI BERBASIS MULTIMEDIA DI SMP 18 MALANG

Main Author: ANWAR, KHAIRIL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32076/1/jiptummb--khairilanw-27414-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32076/2/jiptummb--khairilanw-27414-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32076/
Daftar Isi:
  • SMP 18 Malang yang memiliki visi “Meningkatkan Keterampilan dalam Pembelajaran IT” mendorong guru-guru yang ada disana untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Khusus pada Pelajaran Agama Islam yang sudah menerapkan telah membawa dampak positif terhadap proses pembelajaran di SMP 18 Malang. Selain memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran juga target dalam penyelesaian materi dapat dicapai. Penelitian ini berusaha menjawab tiga tahap proses pembelajaran yaitu: Pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia, dan Ketiga, bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha untuk mendeskrifsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap dan persepsi seseorang atau kelompok. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis deskriptif, karena akan menjelaskan secara mendalam fakta tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP 18 Malang yang mengalami inovasi pembelajaran dengan menerapkan multimedia dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan multimedia dalam pembelajaran PAI di SMP 18 Malang maka, pembelajaran lebih efektif baik dari segi perencanaan yaitu tepat waktu dalam penyelesaian target pembelajaran (efisiensi waktu), dari segi pelaksanaan memudahkan guru dalam penyampaian materi pelajaran dan dari segi evaluasi adanya peningkatan belajar siswa dan peningkatan terhadap hasil belajar yang sangat memuaskan, proses pembelajaran dikelas aktif, siswa sangat antusias memperhatikan penjelasan guru, selain itu juga aktif dalam mengikuti pelajaran.