USAHA GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN GIRI 02 ARJOWILANGUN KALIPARE MALANG

Main Author: Arfadia, Indasah Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/32052/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-indasahdwi-21939-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32052/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-indasahdwi-21939-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/32052/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan pembelajaran di MI Sunan Giri 02 Arjowilangun Kalipare Malang. Selain itu, juga mencari informasi usaha apa saja yang dilakukan guru agama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta factor penunjang dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala MI Sunan Giri 02, guru agama, dan siswa. Pemilihan MI Sunan Giri 02 Arjowilangun Kalipare Malang sebagai setting penelitian didasarkan berdasarkan perkembangan lembaga tersebut yang pada tahun terakhir mengalami peningkatan baik dari system pembelajaran dan kualitas kelembagaannya, yang mampu bersaing dengan Sekolah Dasar Negeri dan swasta disekitarnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pastisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran di MI Sunan Giri 02 Arjowilangun Kalipare Malang dengan cara mengintensifkan pembelajaran agama, diantaranya dengan cara : memberikan pelajaran membaca al Qurâ€TMan, hafalan surat-surat pendek, hafalan doâ€TMa harian, kegiatan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, dan dari kegiatan tersebut semua guru bidang studi saling mendukung dan terlibat di dalamnya.