IMPLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | ALFIYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32050/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-alfiyah071-22476-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/32050/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-alfiyah071-22476-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/32050/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Untuk itu peneliti merumuskannya kedalam dua rumusan masalah, yaitu 1) Apakah pembelajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah mahasiswa tarbiyah yang telah mengikuti matakuliah teknologi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan mengungkap hubungan antara dua hal yaitu pembelajaran berbasis teknologi informasi dan motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data diuji dengan program SPSS 15, sedangkan uji korelasi variable X dan variable Y dengan menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment dan bantuan program SPSS 15. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah dengan nilai koefisien korelasi 0.529 yang lebih besar dari 0.389 dengan taraf signifikansi 1%. Pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki pengaruh yang sedang (cukup berpengaruh) terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah berdasarkan pada nilai koefisien korelasi = 0.529 yang berada diantara nilai 0,40 - 0,599 pada table interpretasi r.