RE-ORIENTASI POLA PEMBINAAN PANTI ASUHAN (Study Kasus di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Cabang Lowokwaru, Malang)
Main Author: | Anjangsari, Juwita Ramadhani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/32000/1/jiptummb--juwitarama-27412-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/32000/2/jiptummb--juwitarama-27412-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/32000/ |
Daftar Isi:
- Anak adalah generasi penerus yang akan menghadapi tantangan masa depan dalam arti bahwa suatu bangsa menginginkan kemajuan, masyarakat yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta disiplin. Dalam kenyataanya tidak semua anak memperoleh hak-hak dan kesempatan yang sama. Berbagai permasalahan yang sering dihadapi oleh pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada anak. Panti asuhan anak membantu meningkatkan kesejahteraan anak dengan cara membina, mendidik, membimbing, mengarahkan, memberikan kasih sayang serta keterampilan-keterampilan. panti asuhan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik pada mereka dan menggantikan peranan keluarga bagi anak. Berdasarkan pada data penelitian tahun 2008 jumlah panti asuhan Indonesia diperkirakan mencapai 5.000 s.d. 8000 panti yang membina anak-anak di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah panti asuhan putri Aisyiyah yang menampung anak asuh untuk dibina agar menjadi manusia yang berguna, namun dalam pembinaan masih kurang baik. Dalam skripsi ini, penulis melakukan penelitian di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokawaru. Jenis Penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu cluster purposive sampel Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengelolaan panti asuhan, mendeskripsikan pola pembinaan anak di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokwaru, dan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pola pembinaan anak di Panti Asuhan Aisyiyah Lowokwaru. Dari hasil penelitian itu dapat disimpulkan. 1) Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokwaru merubah kembali pembinaan yang diberikan dengan penambahan pada pembinaan pendidikan dan keterampilan pada anak dimana bertujuan agar ketika anak asuh sudah kembali ke masyarakat, mereka dapat merealisasikan apa yang telah di dapat selama dalam lingkungan panti tidak hanya memiliki pengetahuan agama saja akan tetapi juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Panti Asuhan Putri Aisyiyah melakukan peninjauan kembali dalam pola pembinaan anak, sehingga terjadi perubahan pola dalam pembinaan anak di panti. 2) Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokwaru sudah sesuai dengan standar pelakasanaan panti asuhan Muhammadiyah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak. 3) Dengan dilakukan reorienatasi pola pembinaan yang dilakukan oleh panti asuhan ini, maka berubah pula pembina panti asuhan. Perubahan tersebut berbentuk penambahan pada tenaga pembina untuk membina anak-anak asuh, dan meningkatkan hubungan yang lebih baik lagi antara pembina dan anak asuh. 4) Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokwaru mengembangkan diri dengan membuka usaha sendiri sehingga tidak bergantung dari donatur dalam pengembangan pelayanan dalam Panti Asuhan Putri Aisyiyah Lowokwaru. Keyword: Re-orientation of Development Patterns, Pattern DevelopmentOrphanage