PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL BATU

Main Author: HASANAH, DEWI RATNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31971/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-dewiratnah-21807-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31971/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-dewiratnah-21807-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31971/
Daftar Isi:
  • Untuk mencapai tujuan hidupnya, manusia selalu melakukan penyesuaian diri sesuai dengan tuntutan dari diri sendiri maupun lingkungannya. Bagi siswa boarding school, banyak penghayatan baru yang memerlukan penyesuaian diri yang baru pula. Tentunya hal ini tidak selamanya berjalan dengan lancar, sering terjadi siswa gagal karena kemampuannya belum memadai. Pada saat-saat seperti ini, siswa membutuhkan dukungan sosial dari orang lain di lingkungan terdekatnya yaitu pengasuh dan teman-teman sesama siswa boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri remaja dan aspek dari penyesuaian diri Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptip kuantitatif. Hanya memiliki satu variabel yaitu penyesuaian diri, penyesuaian diri yang didalamnya ada dua aspek yaitu aspek penyesuaian diri pribadi dan penyesuaian diri sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Al-Irsyad Islamic Boarding School Batu yang berusia 13-18 tahun, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 36 siswa, ada tiga kelas dan setiap kelasnya diambil 12 siswa dengan mengurutkan dari nomor absensi, siswa dari nomor 1 sampai 12 dijadikan sampel penelitian. Metode pengambilan data menggunakan skala psikologi. Dari hasil penelitian, dengan jumlah subyek 36 siswa ada 20 siswa memiliki penyesuaian diri tinggi dengan prosentase sebesar 55.6% dan 16 siswa memiliki penyesuaian diri rendah dengan prosentase sebesar 44.4%. Pada aspek penyesuaian pribadi sebanyak 24 siswa yang lebih cendrung aspek penyesuaian pribadinya tinggi dengan prosentase sebesar 66.6% dan 12 siswa yang lebih cendrung memiliki aspek penyesuaian pribadi rendah dengan prosentase sebesar 33.4%. Aspek penyesuaian sosial ada 21 siswa yang lebih cendrung memiliki penyesuaian sosial tinggi dengan prosentase sebanyak 58.4% dan 15 siswa lebih cendrung memiliki penyesuaian sosial rendah dengan prosentase 41.6%. Siswa lebih cendrung ke aspek penyesuaian dirinya yang tinggi dari pada aspek penyesuaian sosial, dalam hal ini siswa SMP Al- Irsyad Islamic Boarding School Batu lebih mampu mengembangkan penyesuaian pribadinya daripada penyesuaian sosial.