HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN

Main Author: NIRMALASARI, WULAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31960/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-wulannirma-22717-02%2BBAB%2B1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31960/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-wulannirma-22717-01%2BPENDA-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31960/
Daftar Isi:
  • Pada era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dengan mengandalkan harga ternyata tidak menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang, maka dalam hal ini penting bagi perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang berlandaskan pada persaingan non harga. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan adalah dengan membentuk brand image (citra merek) yang baik dimata konsumen, sehingga para konsumen akan menjadi loyal terhadap suatu merek produk. Loyalitas konsumen sangat menunjang sekali dalam meningkatkan citra merek sebuah produk. Tinggi rendahnya loyalitas konsumen dalam membeli dipengaruhi oleh empat faktor yaitu keputusan konsumen dalam melakukan pembelian berulang secara teratur, membeli antar lini produk dan jasa, mereferensikan kepada orang lain, serta menunjukkan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing. Keberhasilan untuk mencapai tujuan perusahaan tidak berjalan dengan mudah, tetapi perlu adanya usaha yang keras dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Faktor-faktor lain yang mendukung adanya loyalitas konsumen tersebut adalah citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan loyalitas konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang yang menggunakan Pondâ€TMs. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data interval. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dalam bentuk skala yaitu skala citra merek dan skala loyalitas konsumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan (r = 0,745 ; p/sig = 0,000) antara citra merek dengan loyalitas konsumen, yang berarti konsumen yang mempunyai kesan positif terhadap citra merek Pond's maka konsumen akan memiliki loyalitas yang tinggi dan bila konsumen yang mempunyai kesan negatif terhadap citra merek Pond's maka konsumen akan memiliki loyalitas yang rendah. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinan variabel (r2) diperoleh = 0,555 yang menandakan bahwa citra merek memiliki sumbangan efektif terhadap loyalitas konsumen sebesar 55,5%. Sedangkan sisanya sebesar 44,5% merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.