PENGARUH BERMAIN SOSIAL PURA-PURA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH

Main Author: Sari, Indah Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31929/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-indahyunit-21837-01%2B%2BPEND-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31929/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-indahyunit-21837-02%2BBAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31929/
Daftar Isi:
  • Kasus anak yang terlibat dalam pelanggaran hukum, dari tahun ke tahun secara kuantitas mengalami peningkatan. Berbagai pelanggaran dari yang berskala ringan hingga berat tentu saja membutuhkan perhatian dari pihak-pihak yang memiliki kompetensi dalam hal penegakan hukum. Kondisi seperti ini menunjukkan lunturnya perilaku prososial pada anak sekarang ini. Oleh karena itu sangatlah penting pembelajaran dan pengarahan prososial harus ditanamkan sejak sedini mungkin atau sebelum anak memasuki bangku sekolah (pra sekolah) karena pada masa ini adalah masa emas untuk penanaman perilaku prososial pada anak. Salah satu metode penananaman perilaku prososial anak pra sekolah adalah dengan memberikan metode bermain sosial pura-pura kepada anak karena pada masa ini adalah fase meniru dan fase berkelompok dengan teman sebayanya. Pada masa ini anak akan mengembangkan perilaku sosialnya berdasarkan hal-hal yang dilihatnya sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain sosial pura-pura terhadap perilaku prososial pada anak pra sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Disain penelitian eksperimen yang akan digunakan adalah eksperimen ulang (pretest-postest control design), yaitu melakukan pengukuran atau observasi awal sebelum perlakuan diberikan dan setelah perlakuan diberikan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan adalah kelompok yang diberikan bermain pura-pura sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan bermain purapura. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengujian non parametrik dengan teknik Mann-Whitney U. Uji ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan nilai dua sampel yang independen. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan antara bermain sosial pura-pura terhadap perilaku prososial pada anak pra sekolah, dimana anak-anak kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan bermain pura-pura dapat meningkat perilaku prososialnya dibandingkan dengan anak-anak kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan bermain pura-pura.