PERBEDAAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN HOTEL PLAZA SURABAYA DITINJAU DARI PERSONALITY-JOB FIT

Main Author: Ramadhani, May Putrisfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31882/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mayputrisf-20962-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31882/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mayputrisf-20962-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31882/
Daftar Isi:
  • Saat ini banyak sekali perusahaan menerapkan prinsip "The Right Man in The Right Place" untuk menetapkan pekerjaan sesuai dengan orangnya, baik dari segi kemampuan maupun karakteristik kepribadiannya. Penyesuaian secara tepat antara orang dan pekerjaan merupakan salah satu langkah penting dalam mengoptimalkan kinerja, produktifitas, dan kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan salah satu komponen dari kepuasan hidup serta merupakan faktor yang sangat vital, sehingga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pengembangan dan pemeliharaan tenaga kerja. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja karyawan dari kelompok personality-job fit dengan kepuasan kerja karyawan dari kelompok personality-job non fit. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan judul "Perbedaan Kepuasan Kerja pada Karyawan Hotel Plaza Surabaya ditinjau dari Personality-job fit". Populasi dari penelitian ini adalah 200 orang karyawan Hotel Plaza Surabaya, sedangkan yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah 42 orang karyawan Hotel Plaza Surabaya yang terdiri dari berbagai bidang pekerjaan, yaitu house keeping, accounting, enginering, marketing, personalia, food beverage, dan front office. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala, yaitu skala kepuasan kerja berdasarkan skala likert dan teori motivator Herzberg (kelompok satisfier), serta menggunakan Vocational Preference Inventory (VPI) Holland untuk mengukur personality-job fit. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah uji beda dengan menggunakan metode t-test. Dari hasil analisis data diperoleh t = 2,967 ; p = 0,005 < 0,01 yang berarti ada perbedaan kepuasan kerja pada karyawan Hotel Plaza Surabaya yang sangat signifikan ditinjau dari personality-job fit, dimana karyawan yang memiliki personality-job fit kepuasan kerjanya lebih tinggi sebesar ( = 89,68) dibandingkan dengan karyawan yang memiliki personality-job non fit sebesar ( = 79,87).