HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG DESAIN KEMASAN PRODUK DENGAN INTENSI MEMBELI
Main Author: | Roziqi, Achmad Riza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31842/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-achmadriza-21217-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31842/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-achmadriza-21217-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31842/ |
Daftar Isi:
- Konsumen saat ini dihadapkan dengan banyaknya produk-produk baru yang bermunculan, secara tidak langsung perhatian konsumen tertuju pada banyaknya produk yang ditawarkan. Salah satu faktor dalam pentingnya memasarkan produk adalah melalui desain kemasan, yang berfungsi untuk menarik perhatian konsumen. Namun, hal ini tentunya di persepsikan berbeda-beda oleh para konsumen. Oleh karena itu desain kemasan harus mempunyai daya tarik tersendiri dalam benak konsumen sehingga mendapatkan perhatian dari konsumen agar ketertarikan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut terwujud. Dengan adanya desain kemasan suatu produk apakah kebutuhan konsumen meningkat dengan persepsi yang berbeda-beda, yang tentu memunculkan niatan (intensi) yang cenderung kearah terbentuknya perilaku untuk membeli produk, sebelum pada akhirnya konsumen benar-benar membeli produk tersebut, dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi desain kemasan produk dengan intensi membeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang, Sampelnya sebagian mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang sebanyak 46 subyek, yang diambil dengan teknik sampel insedental. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada 2 skala yang digunakan yaitu skala persepsi desain kemasan produk dan skala intensi membeli yang disusun oleh peneliti sendiri, untuk metode analisa data dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson yang dibantu dengan program komputer SPSS 12. Dari analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa (r = 0,474 ; p = 0,001) maka dapat disimpulkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi desain kemasan produk dengan intensi membeli, hal ini menunjukkan bahwa semakin positif persepsi konsumen tentang desain kemasan produk maka semakin tinggi pula intensi membeli konsumen terhadap desain kemasan produk, dan bila semakin negatif persepsi konsumen tentang desain kemasan produk, maka semakin rendah intensi membelinya. Dari penelitian ini didapatkan koefisien determinan variabel (r2) sebesar 0,225 yang artinya sumbangan efektif persepsi desain kemasan produk terhadap intensi membeli adalah sebesar 22,5% dan sisanya sebesar 77,5% dipengaruhi oleh variabel lain.