EFEKTIFITAS BIBLIOTHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL NARAPIDANA REMAJA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK (LPA) BLITAR

Main Author: WALIULU, SYARIEFAH HIDYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31746/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-syariefahh-24145-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31746/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-syariefahh-24145-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31746/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Pemenjaraan akan merampas hak belajar anak karena selama proses peradilan menuju pemenjaraan dapat dipastikan anak mengalami gangguan dalam belajar. Bibliotherapy merupakan metode pembinaan dengan menggunakan buku dan cerita-cerita sebagai bagian dari pengobatan emosional dan mental individu yang mengalami gangguan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas bibliotherapy terhadap peningkatan kecerdasan emosional narapidana remaja di Lembaga Peasyarakatan Anak (LPA) Blitar. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest With Control Group Design, dengan sampel 20 narapidana remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Blitar. Sedangkan, analisa data yang digunakan yaitu uji T-paired dan T-independent. Hasil: Bibliotherapy efektif terhadap peningkatan kecerdasan emosional narapidana remaja di Lembaga Peasyarakatan Anak (LPA) Blitar (p value = 0,008 <α = 0,05). Bibliotherapy efektif terhadap peningkatan kecerdasan emosional narapidana remaja pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol di Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Blitar (p value = 0,002 <α = 0,05). Saran: Bibliotherapy dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembinaan emosional di Lembaga Pemasyaraktan Anak untuk mencapai kepribadian narapidana yang lebih positif.