MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KLIPING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DARATAN SISWA KELAS IV SDN TUNGGULWULUNG 2 MALANG

Main Author: Swandari, Haningtyas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31558/1/jiptummpp-gdl-haningtyas-29283-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31558/2/jiptummpp-gdl-haningtyas-29283-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31558/
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Tunggulwulung 2 Malang, pada materi perubahan lingkungan fisik daratan disebabkan karena kurangnya motivasi belajar, media pembelajaran yang kurang mendukung dan kurangnya pelibatan siswa di dalam pembelajaran. Yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan di dalam menyimpulkan materi perubahan lingkungan fisik daratan. Penggunaan media Kliping dijadikan alternatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga siswa akan lebih tertarik dalam belajar tentang materi perubahan lingkungan fisik daratan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi belajar pada materi perubahan lingkungan fisik daratan di SDN Tunggulwulung 2 Malang. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini terdiri dari siklus satu ke siklus berikutnya. Tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, analisis data, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunggulwulung 2 Malang. Waktu penelitian pada semester genap, tepatnya pada bulan Mei Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Sumber data penelitian ini yaitu siswakelas IV dengan jumlah siswa 34 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Observasi; (2) Dokumentasi; (3) Tes. Teknik analisis data menggunakan analisis penilaian proses, analisis ketuntasan belajar siswa, dan analisis ketuntasan motivasi belajar. Teknik analisa data bersifat kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif di analisis dengan menghitung prosentase kemampuan siswa melalui nilai tes kemudian di deskripsikan. Data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I siswa yang mencapai KKM ≥ 7,0 sebesar 50% atau 17 siswa.Sedangkan penilaian motivasi belajar siklus I siswa yang mencapai KKM ≥ 7,0 sebesar 44% atau 17 siswa.Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM ≤7,0 meningkat sebesar 76% atau 26 siswa. Sedangkan penilaian motivasi belajar pada siklus II yang mencapai KKM ≥ 7,0 sebesar 76,5% atau 26 siswa. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media Kliping pada siswa kelas IV SDN Tunggulwulung dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar pada materi perubahan lingkungan fisik daratan,