STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada Apotik Bintang Leo di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar)

Main Author: SAKTI, BOGIK PANCA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31498/1/jiptummb--bogikpanca-27559-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31498/2/jiptummb--bogikpanca-27559-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31498/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat digunakan bagi Apotik Bintang Leo untuk meningkatkan daya saing. Kegunaan penelitian yaitu sebagai bahan acuan untuk menetapkan strategi pemasaran di masa yang akan datang, khususnya di perusahaan Apotik Bintang Leo. Hasil analisa IFAS dapat diketahui bahwa faktor lingkungan internal perusahaan yang menjadi kekuatan adalah harga, lokasi, merek, produk dan pelayanan konsumen. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah promosi dan proses. Hasil analisa EFAS dapat diketahui bahwa faktor lingkungan eksternal perusahaan yang menjadi peluang adalah penurunan tingkat inflasi, peningkatan pendapatan perkapita masyarakat, pertumbuhan ekonomi, peningkatan jumlah penduduk dan teknologi dan sosial budaya. Sedangkan yang merupakan ancaman adalah perusahaan pesaing dan pemerintah. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan limgkungan eksternal dapat diketahui strategi yang tepat untuk Apotik Bintang Leo adalah agresif yaitu dengan meningkatkan kualitas layanan dan produk yang ditawarkan, memperbanyak varian merek obat dan meningkatkan intensitas promosi.