ANALISIS EKUITAS MEREK PADA ES KRIM MAGNUM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | KURNIAWAN, TINDITA RIGEN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31496/1/jiptummb--tinditarig-27729-2-babi1.pdf http://eprints.umm.ac.id/31496/2/jiptummb--tinditarig-27729-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/31496/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan aset kepemilikkan merek lain terhadapa es krim merek Magnum. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: analisa distribusi frekuensi, dan uji cochran. Pada analisa distribusi frekuensi untuk mengukur variabel dari asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan aset kepemilikkan merek lain sedangkan pada analisa uji cochran untuk mengukur variabel asosiasi merek dan aset kepemilikkan merek lain. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah pada variabel kesadaran merek bahwa es krim Magnum dapat menduduki tingkat puncak pikiran pada responden. Pada variabel asosiasi merek menunjukkan bahwa atribut yang membentuk citra merek pada es krim merek Magnum adalah slogan, logo dan tulisan Magnum dalam kemasan. Pada variabel persepsi kualitas es krim Magnum telah menciptakan kesan kualitas yang baik dengan dimana sebagian responden menyatakan setuju dengan adanya desain tambahan mengenai coklat Belgia, mempunyai daya tahan yang baik selama dalam kemasan tertutup rapat serta es krim merek Magnum mempunyai penampilan yang menarik. Pada variabel loyalitas merek bahwa sebagian besar reponden menyatakan menyukai pada es krim Magnum. Pada variabel aset kepemilikkan merek lain bahwa es krim Magnum tidak mempunyai kemiripan simbol dan kemiripan merek dagang terhadap es krim lainya yang beredar dalam pasar. Hal yang membedakan dalam penelitian ini dengan penelitian sebelumnya bahwa penelitian ini menggunakan lima dimensi ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan aset kepemilikkan merek lain.