ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) H. SUWARDI DI BALIKPAPAN UTARA

Main Author: Ariandini, Cipta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31471/1/jiptummb--ciptaarian-27948-2-02bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31471/2/jiptummb--ciptaarian-27948-1-01penda-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31471/
Daftar Isi:
  • "Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Pelayanan Rumah Pemotongan Ayam (RPA) H. Suwardi di Balikpapan Utara". Tujuan penelitian adalah : 1)Untuk mengetahui kepuasan pelanggan yang telah menggunakan jasa rumah pemotongan H. Suwardi di Balikpapan Utara. 2)Untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang meliputi kehandalan, bukti fisik, daya tanggap, perhatian, dan jaminan yang perlu ditingkatkan untuk menciptakan kepuasan pelanggan rumah pemotongan ayam H. Suwardi. Alat analisis yang digunakan adalah Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) dan Diagram Kartesius. Indeks Kepuasan Pelanggan digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah pemotongan ayam. Sedangkan diagram kartesius digunakan untuk menjelaskan mengenai peringkat jasa menurut hasil yang dirasakan dari kinerja dan tingkat harapan konsumen, serta dapat mengindetifikasi tindakan apa yang diperlukan. Hasil menunjukkan nilai skor rata-rata Indeks Kepuasan pelanggan (IKP) sebesar 1.007 yang menyatakan puas atas kinerja Rumah Pemotongan Ayam H. Suwardi. Sedangkan dari hasil analisis diagram kartesius maka dapat disimpulkan bahwa dimensi yang perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan adalah variabel yang berada pada kuadran II yang meliputi Kehandalan (X1), Bukti Fisik (X2), Jaminan (X5). Sedangkan dimensi yang tidak dianggap penting oleh pelanggan dan tidak dikerjakan dengan baik pula oleh pihak Rumah Pemotongan Ayam adalah variabel yang berada pada kuadran III yang meliputi Daya Tanggap (X3) dan Emphaty.