ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA KOPERASI (Studi kasus Koperasi Simpan Pinjam Margo Mulyo kecamatan boyolangu kabupaten Tulungagung )

Main Author: Lestari, Nila Tri Naning
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31445/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nilatrinan-21101-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31445/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nilatrinan-21101-BAB%2BI%20%281%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31445/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Keberhasilan Usaha Koperasi ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Margo Mulyo Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui faktor partisipasi anggota, pendidikan pengurus, kepemimpinan pengurus koperasi, pemberdayaan masyarakat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha Koperasi Simpan Pinjam Margo Mulyo. Adapun metode pengumpulan data dengan metode angket dan melakukan wawancara, observasi dan juga Studi Pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi logistik biner. Jumlah populasi dalam penelitian ini 1180 orang, sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik biner, uji ketepatan model regresi digunakan untuk menilai ketepatan model regresi dalam penelitian ini diukur dengan nilai chi square dengan uji hosmer dan lemeshow. Menurut hasil analisis regresi logistik diketahui bahwa variabel independen mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha koperasi. Dari keempat variabel bebas, yang memiliki pengaruh besar adalah variabel pendidikan dan pelatihan oleh pengurus koperasi. Dengan nilai ekspektasi B atau Exp B sebesar 9.062, dan nilai koefisien beta sebesar 2.204. nilai tersebut lebih besar dari pada variabel yang lainnya. Hasil penelitian ini diharapakan bermanfaat bagi semua pihak, baik anggota, pengurus dan masyarakat. Bagi masing-masing anggota hendaknya meningkatkan kesadaran untuk berpartisipasi aktif sebagai upaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan koperasi, sedangkan untuk koperasi sendiri disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga kesejahteraan anggota dapat meningkat secara maksimal.