STRATEGI PEMASARAN PADA HOME INDUSTRI DOMPET GROGOLAN JOMBANG

Main Author: Mashudi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31427/1/jiptummb--mashudi056-27656-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31427/2/jiptummb--mashudi056-27656-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31427/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi kelemahan dan kekuatan internal home indutri serta peluang dan ancaman yang dihadapi home indutri sehingga dapat merumuskan strategi pemasaran pada home industri dompet di Grogolan Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah pemiliki home indutri dompet di Grogolan Jombang dan karyawan. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu untuk mendapatkan gambaran yang benar tentang obyek yang tujuannya untuk membuat deskriptif gambar, uraian aktual dan akurat mengenai fakta-fakta sifat serta hubungan antara fenomena masalah dan variabel yang diteliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa home industri dompet Grogolan adalah merupakan suatu industri yang bergerak di bidang kerajinan yang memiliki karyawan 46 orang, 21 karyawan harian dan 25 karyawan borongan (kebanyakan yang sudah berumah tangga jadi di kerjakan dirumah). Pemasaran di kembangkan dengan langsung menjual dompet ke grosir dengan mencari grosir dari pasar ke pasar dari kota satu kekota lain dan sampai di jual di luar pulau dengan mencari teman atau kerabat yang bisa menjadi mitra kerja. Jumlah permintaanpun semakin bertambah, produksinya pun di percepat dengan menambah karyawan yang dimiliki dan penambahan alat produksi seperti mesin jahit, mesin pemotong kertas, alat sablon, mesin HF, mesin seset, dan untuk memperlancar pemasaran dengan membeli mobil. Analisis strategi pemasaran yang dipakai oleh home industri dompet Grogolan adalah analisis SWOT dimana untuk mengetahui dan memahami kondisi home industri dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Analisis SAP menganalisa kondisi internal home industri yaitu sumber daya manusia. Pemasaran termasuk sarana penunjang dan transportasi. Sedangkan analisis ETOP untuk mengetahui peluang dan ancaman. Oleh karena itu strategi pemasaran yang digunakan oleh home industri dompet Grogolan adalah mencakup produk, harga, distribusi, periklanan dan promosi penjualan, untuk menunjang strategi pemasaran yang diterapkan oleh home industri. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pada home indutri dompet di Grogolan Jombang di kembangkan dengan langsung menjual dompet ke grosir dengan mencari grosir dari pasar ke pasar dari kota satu kekota lain dan sampai di jual di luar pulau dengan mencari teman atau kerabat yang bisa menjadi mitra kerja. Selain itu strategi pemasaran yang digunakan oleh home industri dompet Grogolan adalah mencakup produk, harga, distribusi, periklanan dan promosi penjualan, untuk menunjang strategi pemasaran yang diterapkan oleh home industri dompet Grogolan.