PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDN PUNGGING KABUPATEN PASURUAN
Main Author: | SUNARSIH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31279/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-sunarsih07-22775-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31279/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-sunarsih07-22775-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31279/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakanagi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VI SDN Pungging Pasuruan. Dari hasil observasi yang dilakukan penulis di SDN Pungging Tutur Pasuruan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pelajaran PKn tergolong rendah karena sistem pembelajaran yang klasikal dan pembelajaran didominasi oleh guru sedangkan siswa hanya duduk dan mendengarkan, sehingga hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SDN Pungging melalui pengunaan metode Jigsaw. Penelitian ini berlangsung sampai 2 siklus dengan cara observasi aktivitas siswa dan hasil ulangan atau evaluasi yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan prosedur pelaksanaan mulai dari indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester II, di kelas VI. Hasil belajar pada siklus I yaitu 67% sedangkan pada siklus II 85%. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa dengan metode Jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada pra siklus (pre tes) sebesar (47% ) kemudian setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi (67%), dan siklus II lebih meningkat lagi menjadi sebesar (85%).