PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA KANTONG OPERASI HITUNG SISWA KELAS 2 MI MAMBAUL ULUM TEGALGONDO KARANGPLOSO MALANG
Main Author: | SUTANTI, BEKTI ASIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31278/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-bektiasihs-22776-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31278/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-bektiasihs-22776-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31278/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang, khususnya pada materi perkalian. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi yang kurang menarik dan tidak disertai media pendukung, sehingga pemahaman siswa tentang perkalian rendah. Penggunaan media kantong operasi hitung dapat menjadikan suasana pembelajaran menyenangkan, siswa lebih aktif dalam kelas dan mudah memahami materi perkalian. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perkalian dengan menggunakan media kantong operasi hitung. Jenis penelitian ini yaitu PTK, penelitian tindakan ini menggunakan prosedur siklus, tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi pada analisis data. Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I rata-rata nilai siswa yaitu 57,3, siswa tuntas hanya 3 dari 19 siswa atau 16%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa yaitu 83,6, pada siklus II diperoleh 18 dari 19 siswa yang mencapai ketuntasan dari KKM yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 70, sehingga penelitian ini dihentikan karena pada siklus II pencapaian indikator mencapai 90%. Kesimpulannya telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada materi perkalian di kelas II MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Disarankan kepada tenaga pendidik untuk menerapkan metode atau model pembelajaran yang lebih inovatif dalam menyampaikan materi serta media yang mendukung agar proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa berjalan efektif.