PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN TUNGGULWULUNG II MALANG

Main Author: TRISNANTO, WURI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31277/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-wuritrisna-22777-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31277/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-wuritrisna-22777-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31277/
Daftar Isi:
  • Salah satu yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di SDN Tunggulwulung II kelas IV dalam proses pembelajaran adalah minimnya motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mengutamakan peran aktif siswa serta keterlibatan siswa dengan kehidupan nyata. Center Of Occupational and Development (CORD) merealisasikan lima model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, model pembelajaran ini disebut dengan REACT yaitu: Relating, Ekperiencing, Applying, Cooperating and Transferring. Dengan diterapkannya kelima model pembelajaran tersebut, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat ditingkatkan. Penelitiaan ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang dijadikan obyek tindakan adalah siswa kelas IV SDN Tunggulwulung II Malang semester genap pada Tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil akhir penelitian yang dilakukan, dapat dilihat bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 14,70%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 29,41%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran REACT pada siswa kelas IV SDN Tunggulwulung II dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi pengelolaan sumber daya alam, salah satu penyebab peningkatan hasil belajar tersebut adalah akibat dari penerapan pembelajaran model REACT.