PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI LEMBAGA NEGARA KELAS IV SDN KUCUR 1
Main Author: | Al Mukhosin, Jirjis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31276/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-jirjisalmu-22778-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31276/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-jirjisalmu-22778-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31276/ |
Daftar Isi:
- Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar adalah banyaknya siswa yang kurang aktif dan cenderung individual serta kekurang pahaman siswa pada materi pelajaran. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Altematif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatiftipe TGT (Teams Games Tournament).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Kucur 1, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe TGT. Model pembelajaran ini banyak melibatkan siswa secara langsung dalam mengerjakan soal-soal serta keterlibatan teman sebaya yang berkemampuan akademik tinggi dalam kelompok-kelompok belajar di kelas dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Kucur 1 dan bagaimana implementasinya. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan beberapa siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran bahasa daerah pada semester genap tahun akademik 2010/2011, Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kucur 1 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 4 siswi perempuan. Penelitian dilaksanakan tanggal pada bulan Januari-Maret. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumintasi dan tes. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu berjumlah 54,52 dan siklus II berjumlah 61,78. Presentase hasil belajar siswa dengan jumlah KKM yang di tentukan sekolah yaitu 65. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan yaitu 47,83% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu 52,17%. Sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan adalah 69,57% dan yang belum tuntas yaitu 30,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Kucur 1. Sudah banyak siswa yang berpartisipasi aktif dan sudah dapat bekerja sama dengan temannya dan kelompoknya. Peningkatan hasil belajar ini karena guru selalu memperbaiki kinerjanya pada setiap siklus.