PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI METODE REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KELAS IV SDN TEGALWERU KEC. DAU KAB. MALANG
Main Author: | RAHMA, YUANITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31233/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-yuanitarah-23025-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31233/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-yuanitarah-23025-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31233/ |
Daftar Isi:
- Hasil observasi dan wawancara pada guru kelas IV di SDN Tegalweru Kec. Dau Kab. Malang siswa kurang mampu memahami konsep pecahan. Siswa merasa kesulitan dalam mengidengtifikasi unsur-unsur intrinsik dalam pecahan, misalnya konsep pecahan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan fakta tersebut peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME), dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV melalui metode pembelajaran RME pada mata pelajaran Matematika di SDN Tegalweru Kec. Dau Kab. Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran RME yang dikolaborasikan dengan metode pembelajaran diskusi kelompok mampu meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SDN Tegalweru. Hasil pemahaman siswa pada pembelajaran konsep pecahan melalui RME dapat dilihat nilai rata-rata pada siklus I sebesar 59,31 sedangkan pada siklus II sebesar 80,00. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II mengalamai peningkatan sebesar 20,69. Kemudian dapat dilihat juga persentase ketuntasan belajar kelas pada siklus I sebesar 41,37% sedangkan pada siklus II sebesar 89,28%, hal ini dapat dilihat persentase ketuntasan belajar kelas menunjukkan peningkatan sebesar 47,91%. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV di SDN Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Saran kepada guru-guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam penyampaian materi pelajaran Matematika. Guru dapat menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran RME pada pembelajaran Matematika kedalam kompetensi atau tema-tema yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran karena terbukti dengan menerapkan metode pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Pembelajaran hendaknya dilaksanakan dengan selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran.